19 Jun
201

Rektorat Sosialisasikan BKD dan Remunerasi Dosen

HumasUIN – Dosen sebagai tenaga pendidik yang profesional mempunyai tugas utama seperti  mengembangkan dan mentransformasikan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni melalui pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Oleh karena itu, dosen diharuskan melaksanakan Tridarma Perguruan Tinggi dengan beban kerja yang sudah diatur agar bisa berjalan dengan terstruktur.

Dengan melihat pentingnya BKD dalam kinerja dosen, hari ini Rektorat UIN SMH Banten mengadakan Sosialisasi Beban Kerja Dosen (BKD) semester genap tahun akademik 2016/2017 dan Sosialisasi Sistem Kinerja Remunerasi Dosen.

Pelaksanaan Sosialisasi ini ditujukan untuk peningkatan kualitas dan kinerja dosen agar kinerjanya bisa sesuai dengan beban kerja dan terstruktur. Hal ini dikatakan Fauzul Iman selaku rektor UIN Banten. Dia mengatakan BKD merupakan Kegiatan tridarma perguruan tinggi yang dilakukan oleh dosen yang meliputi beberapa bidang seperti Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat, dan Penunjang Kegiatan Tridarma Perguruan Tinggi. Oleh karena itu, beban kerja dosen harus terdistribusi secara proporsional dan terukur pada semua bidang kegiatan tridarma perguruan tinggi.

“Sosialisasi BKD ini bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme dosen dalam melaksanakan tugas dan beban kerja, selain itu ini juga bertujuan untuk mengevaluasi akuntabilitas kinerja dosen pada tahun-tahun sebelumnya dan diharapkan ke depan bisa lebih baik lagi,” ungkapnya, Senin (19/6).

Selain sosialisasi tentang BKD, acara ini juga dibarengi dengan sosialisasi sistem kerja remunerasi dosen yang membahas mengenai pemberian remunerasi bagi tenaga pendidik dan tenaga pendidik dengan tugas tambahan di lingkungan UIN Banten.

Acara yang diikuti oleh dekan fakultas, ketua jurusan dan para dosen ini dibuka oleh rektor dan dilanjutkan materi oleh Hidayat dan Fitri selaku perwakilan dari LPM.