13 Jan
166

UIN SMH Banten Lakukan MoU dengan Koperasi Syariah BMI

HumasUIN - Dalam rangka mengembangkan kerjasama dengan mitra eksternal yang berbasis khasanah keilmuan, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten mengadakan MoU dengan Koperasi Syariah Benteng Mikro Indonesia (BMI). Kegiatan yang dilaksanakan di kantor pusat Kopsyah BMI Tangerang ini dihadiri beberapa pejabat dilingkungan UIN Banten seperti Wakil Rektor III, Pranata Humas hingga Dekan dan wakil dekan bidang kemahasiswaan Fakultas Syariah.

Wakil rektor III, Hidayatullah mengatakan jika beberapa waktu lalu pihaknya sudah membahas pengajuan MoU antara kopsyah BMI dan UIN Banten di tataran pimpinan. Kampus UIN Banten saat ini membutuhkan beberapa mitra kerjasama diluar kampus guna melaksanakan kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang dicanangkan Kemendikbud. Dengan program ini mahasiswa bisa belajar dimana saja dan tidak terikat dengan bidang studi.

"Mahasiswa kita sudah banyak yang magang dan praktek di berbagai lembaga, salah satunya di Kopsyah BMI ini. Oleh karena itu, kita membutuhkan perjanjian kerjasama guna lebih mempererat silaturahmi dan menjadi payung untuk mahasiswa dan dosen bisa praktek disini," ungkapnya.

Presiden Direktur Kopsyah BMI, Kamaruddin Batubara mengatakan kerjasama dengan akademisi perguruan tinggi yang dalam hal ini UIN Banten merupakan upaya Kopsyah BMI untuk membumikan koperasi ke masyarakat umum terkhusus mahasiswa. Saat ini koperasi masih dipandang sebelah mata dan belum banyak diketahui masyarakat tentang tugas dan fungsinya, padahal badan hukum koperasi sudah jelas.

Dia menjelaskan saat ini Kopsyah BMI membuat kawasan BMI lahan seluas 20 hektar dengan melakukan gerakan wakaf yang bisa dinikmati oleh semua masyarakat baik bidang pelayanan maupun produksi makanan yang bertujuan untuk mensejahterakan perekonomian syariah di Indonesia bisa merata.

"Dengan kerjasama ini, kami ingin lebih memasyarakatkan koperasi dilevel akademisi, sehingga kedepannya bisa menjadi kajian rutin dilingkungan mahasiswa," ungkapnya.

Dia berharap Kopsyah BMI menjadi tempat untuk penelitian mahasiswa dan dosen UIN sehingga bisa membumikan fungsi koperasi ke berbagai daerah.