14 Okt
74

Rektor UIN Banten Semarakkan Safari STQH

HumasUIN - Dalam rangka memenuhi undangan Menteri Agama dan Gubernur Maluku Utara, rektor UIN Banten melawat ke Maluku untuk menghadiri acara Seleksi Tilawatil Quran dan Hadits (STQH) Nasional ke XXVI tahun 2021. Kegiatan yanh berlangsung selama sepuluh hari mulai tanggal 14 himgga 22 Oktober ini dilaksanakan di ibukota Malut tepatnya di Sofifi.

Rektor UIN Banten Prof. Wawan Wahyuddin mengatakan adanya STQH ini diharapkan menjadi inspirasi bagi kebijakan daerah yang masih bermasalah dalam penguasaan baca tulis Alquran untuk mengambil langkah dan regulasi bagi pemicu peningkatan baca tulis Alquran. "Dengan momentum STQH ini juga diharapkan lahir Alquran yang diterjemahkan ke seluruh bahasa yang diakui PBB sebagaimana kita temui saat berada di Masjidil Haram Makkah atau Madinah," ungkapnya.

Rektor menambahkan dalam rangkaian kegiatan ini tak ketinggalan UIN SMH Banten turut mensukseskan STQH selain hadir secara secara luring di Maluku Utara, juga dalam rangka dies natalis UIN SMH Banten serta menyambut Hari Santri  UIN Banten menggagas gerakan wakaf quran bagi seluruh warga UIN SMH Banten sekaligus pada tanggal 22 Oktober 2021 dengan jumlah 12 ribu mahasiswa dan dosen serta tenaga pendidik
"Untuk menyambut STQH, hari santri serta Dies Natalis UIN, maka kita juga akan menggelar ngaji serentak yang dilakukan oleh keluarga besar UIN Banten, ini sebagai ajakan dan upaya membumikan Alquran di bumi nusantara Indonesia," ungkapnya.

Kegiatan STQ ini nantinya akan dibuka oleh Menteri Agama bersama Gubernur Maluku Utara, Rektor PTKIN serta dewan hakim yang akan dilaksanakan pada Sabtu 16 Oktober pukul 19.30 WIT di Masjid Raya Shaful - Khairat Sofifi.