23 Sep
157

UIN Banten Dorong Mahasiswa Perkokoh Implementasi Nilai Pancasila

HumasUIN – UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten mendorong mahasiswa untuk mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Dengan ini diharapkan para mahasiswa tidak terjebak pada isu-isu yang tidak benar.

Hal tersebut disampaikan oleh Rektor UIN Banten, Wawan Wahyudin dalam sambutannya di acara Studium General yang bertema internalisasi nilai-nilai Pancasila pada generasi Internet yang diadakan oleh Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Banten secara daring, Kamis (23/09).

“Langkah ini dilakukan untuk menangkal dan mengikis paham radikalisme di tanah Air, termasuk di dalamnya ranah kampus,” ucapnya.

Ia juga mengajak para mahasiswa untuk sering membaca buku mengenai paham ideologi pancasila untuk diamalkan serta menegakan nilai-nilai Pancasila yang terkandung didalamnya agar tercegah dari paham-paham yang bertolak belakang dari ideologi Pancasila.

“Untuk mahasiswa harus sering membaca buku, menjaga literasinya dan bila perlu membuka pepustakan pribadi khususnya buku-buku tentang ideologi Pancasila dan mari kita menjadi warga negara yang baik,” ajaknya.

Selain itu Wawan wahyudin berpesan kepada sulurh civitas akademika khususnya civitas akademik Fakultas Tarbiyah dan keguruan agar meningkatkan menejemen dalam pengelolaan akreditasi di jurusan yang ada di FTK agar semua jurusan terakreditas A (sangat baik/red) serta meningkatkan pembelajaran bahasa kepada mahasiswa agar mempu menguasai berbagai bahasa luar negeri.

“Untuk dikemudian hari para mahasiswa bisa menguasai berbagai macam bahasa, baik bahasa Arab, Inggris, Turki, Mandarin dan sebagainya, supaya mampu bersaing di kancah internasional dengan dukungan civitas akademik FTK yang akan membantu dan mendorong para mahasiswa dalam pembelajarannya,” pesannya

Sejalan dengan Rektor UIN Banten, Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Nana Jumhana mengajak para generasi muda khususnya mahasiswa FTK agar mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari

“Saya berharap dengan diadakannya stadium General ini para mahasiswa mengamalkan terus ideologi Pancasila dan ditanamkan pada kesadaran diri,” harapnya.

Selain itu, Nana Jumhana mengungkapakan diusungnya tema internalisasi nilai-nilai Pancasila pada generasi internet diambil berdasarkan kesadaran dari diri kita sebagai warga negara Indonesia dan khususnya kita sebagai keluarga besar civitas akademik FTK yang bertindak sebagai tenaga pengajar memberikan pemahaman yang benar kepada para mahasiswa

“Saya ucapkan terimakasih kepada bapak Rektor dan juga Narasumber dari BPIP yang akan memberikan metarinya kepada kita, dan diharapkan kepada semuanya dan juga mahasiswa mendapatkan wawasan dan ilmu serta pemahaman nilai-nilai Pancasila yang benar,” ungkapnya.