06 Sep
101

Mahasiswa UIN SMH Banten Belajar Pembenihan Aneka Tanaman

HumasUIN - Sejumlah mahasiswa UIN Sultan Maulana Hasanudin (SMH) Banten yang sedang menjalani Kuliah Kerja Mahasiswa (KKMbelajar pembenihan aneka persemaian benih aneka tanaman syur di Kelompok Wanita Tani (KWT) Anggrek di Desa Panyebrangan, Kecamatan Cikeusal.

Penyuluh Pertanian Swadaya Ahmad Subagyo mengatakan, para mahasiswa yang sedang melaksanakan KKM tersebut memintanya untuk mengajari penyemaian pembenihan aneka tanaman sayur. "Mereka ingin belajar jadi kita beritahu bagaimana menanam tanaman sayur yang benar," ujar Subagyo, Senin (30/8/2021).

Ia menuturkan, kegiatan penyemaian pembenihan aneka tanaman sayur di Desa Panyebrangan tersebut dikelola oleh KWT Anggrek untuk dibagi-bagikan kepada warga ketika hasil pembenihan sudah siap ditanam. "Tujuannya untuk membantu ibu-ibu agar tidak usah membeli sayuran, cengek, cabe, tomat dan sebagainya," katanya.

Adapun jenis sayuran yang dilakukan pembenihan berupa biji terong, biji sawi, tomat, cabai rawit, seledri dan beberapa aneka tanaman sayuran lainnya. "Saat ini untuk dibagi-bagikan kepada ibu-ibu dulu baik yang menjadi anggota KWT maupun yang bukan. Nanti ibu-ibu menanamnya di pekarangan rumah mereka," tuturnya.