27 Jul
693

UIN SMH Banten Wisuda 881 Sarjana dan 69 Magister

HumasUIN - Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin (SMH) Banten, Senin (26/7), melaksanakan Wisuda Sarjana XXX dan Pascasarjana XVI Semester Genap Tahun Akademik 2020/2021. Wisuda diikuti 950 peserta, terdiri atas program S1 sebanyak 881 orang dan program S2 sebanyak 69 orang, dilaksanakan secara luring dan daring.

Yang hadir langsung (luring) di aula lantai tiga gedung rektorat yaitu Wakil Rektor I Prof Dr H Ilzamudin Ma’mur MA, Wakil Rektor II Prof H Encep Syarifuddin M.Pd, Wakil Rektor III Prof Dr H Wawan Wahyudin M.Pd, dan enam wisudawan terbaik.

Sementara Ketua Senat UIN SMH Banten Prof Dr H M A Tihami MA, Sekretaris dan segenap anggota Senat UIN SMH Banten hadir secara daring. Begitu pula Rektor UIN SMH Banten Prof Dr Fauzul Iman MA, para dekan, wakil dekan, ketua program studi, dan ratusan wisudawan lainnya hadir secara daring.

Kepala Biro Administrasi Akademik, Kemahasiswaan, dan Kerjasama UIN SMH Banten Dr H Bazari Syam M.Pd.I yang hadir secara luring melaporkan, wisuda kali ini diselenggarakan secara daring (online/virtual) karena masih pandemi Covid-19. “Yang hadir menerapkan protokol kesehatan sangat ketat dan terbatas. Semua telah swab antigen dengan hasil negatif sebelum memasuki ruangan luring,” ungkap Bazari.

Wisuda diikuti 950 peserta yang terdiri atas Program S1 (Sarjana) 881 orang yaitu dari Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) sebanyak 309 wisudawan, Fakultas Syariah (FSy) 134 wisudawan, Fakultas Ushuluddin dan Adab (FUDA) 108 wisudawan, Fakultas Dakwah (FADA) 165 wisudawan, dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) 165 wisudawan. Sedangkan Program Magister (S2) sebanyak 69 orang terdiri atas program studi Pendikan Agama Islam, Hukum Keluarga Islam, Ekonomi Syariah, dan Manajemen Pendidikan Islam.

Dari wisudawan tersebut, kata Bazari, ditetapkan enam terbaik yaitu Siti Yumsiah (Ekonomi Syariah/S2) IPK 3,70, Mamas Masliyani (Manajemen Pendidikan Islam/FTK) IPK 3,83, Enis Siti Aisyah (Hukum Keluarga Islam/FSy) IPK 3,79, Neng Rahmila Muslimah (Ilmu Alquran dan Tafsir/FUDA) IPK 3.91, Indah Yulianing Tyas (Bimbingan Konseling Islam/FADA) IPK 3,83, dan Rena Soraya (Perbankan Syariah/FEBI) IPK 3,81. Mereka selain mendapatkan piagam penghargaan, juga reward Rp 1.500.000 dari bank mitra UIN SMH Banten yaitu Bank BTN, Bank BNI, dan Bank Syariah Indonesia. Sedangkan wisudawan dengan nilai tertinggi yaitu Neng Rahmila Muslimah dari Proram Studi Ilmu Tafsir Hadits, Fakultas Ushuluddin dan Adab dengan IPK 3, 91, cum laude, dengan pujian.

Wakil Rektor I Prof Dr H Ilzamudin Ma’mur MA yang mewakili Rektor dan atas nama segenap civitas academica menyampaikan penghargaan, apresiasi dan ucapan selamat atas keberhasilan wisudawan dalam menyelesaikan studi sehingga layak memperoleh gelar sarjana dan magister sesuai dengan disiplin, keahlian dan profesi masing-masing. “Penghargaan, apresiasi dan ucapan selamat yang sama juga saya sampaikan kepada para wali mahasiswa, orang tua, suami, istri dan keluarga para wisudawan yang dengan tulus ikhlas ikut berjuang mendukung dan menyukseskan studi masing-masing wisudawan dan wisudawati,” ungkapnya.

Perlu diingat kembali, lanjut Ilzam, keberhasilan wisudawan juga berkat jerih payah dan perjuangan keluarga, orang tua, isteri, suami, bahkan mungkin anak-anak. Demikian juga, semua unsur pimpinan, para dosen, dan segenap pegawai UIN SMH Banten telah berupaya memberikan layanan yang terbaik demi keberhasilan semuanya.