27 Mei
102

Gelar Penggalangan Dana, UIN SMH Banten Kumpulkan Dana 624 Juta Untuk Palestina

Humasuin - Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin (UIN SMH) Banten menggalang dana sebagai bentuk kepedulian dan dukungan terhadap kemerdekaan rakyat Palestina.

Hasilnya terkumpul sekitar Rp624,137 juta, dengan rincian UIN SMH Banten Rp56,450 Juta, Gubernur Banten Wahidin Halim Rp50 Juta, dan ASN Banten Rp517,687 Juta.

Donasi tersebut diserahkan langsung melalui Duta Besar (Dubes) Palestina untuk Indonesia, Juhair al-Shun usai kegiatan Halal BI Halal Imliah di Aula UIN SMH Banten, Selasa (25/5).

Rektor UIN SMH Banten, Fauzul Iman mengatakan, pemberian donasi tersebut sebagai salah satu bentuk dukungan dan kepedulian terhadap kemerdekaan rakyat Palestina yang saat ini masih berselisih dengan Israel.

"Upaya ini bukan semata-mata memiliki emosi, tapi murni atas nama kemanusiaan dan keagamaan. Palestina punya entitas untuk merdeka," katanya.

Lebih lanjut, bangsa Indonesia merupakan salah satu negara yang di dalamnya mayoritas muslim, sementara Palestina merupakan negara yang pertama kali mendukung dan mengakui kemerdekaan tanar air Indonesia.
"Amerika saja tidak mampu mendukung Palestina dan mendamaikan dengan Israel," ujarnya.

Sedangkan, Fauzul mengatakan bahwa Israel merupakan bangsa yang melanggar perjanjian dalam hubungan internasional antar negara maupun Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB).

"Oleh karenanya, kami atas nama Civitas Akademik UIN SMH Banten, Pemerintah Provinsi Banten, dan ASN Banten mengucapkan terima kasih kepada pemberi dana yang telah menyumbangkan berupa uang demi kepedulian sosial atas Palestina," tuturnya.

"Semoga sedikit besar nominalnya dapat bermanfaat bagi korban Palestina, sehingga dapat meringankan beban yang ada," harapnya.

Dubes Palestina untuk Indonesia, Juhair al-Shun menyampaikan rasa kegembiraan dan terima kasih atas dukungan dan kepedulian rakyat Indonesia yang begitu mendalam. "Ini adalah bentuk dukungan dan kepedulian yang mendalam datang dari lubuk hati rakyat Indonesia untuk perjuangan rakyat Palestina," paparnya.