24 Feb
646

Ini Pesan Presiden Jokowi Saat Perayaan Dies Natalis ke-58 UIN SMH Banten

 Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Maulana Hasanuddin (SMH) Banten bertransformasi mengembangkan cara-cara baru, untuk menghasilkan sumber daya manusia berkualitas dalam rangka mewujudkan Indonesia maju. 

"Kami mengajak UIN SMH Banten untuk bertransformasi mengembangkan cara-cara baru dalam menghasilkan sumber daya manusia (SDM) yang unggul," kata Jokowi saat memberikan orasi ilmiah pada kegiatan Dies Natalis UIN SMH Banten ke-58 melalui Virtual, Kamis (26/11/2020). 

Ia mengatakan, kualitas SDM menjadi kunci utama meraih Indonesia maju, yakni SDM yang berakhlak mulia, yang peduli terhadap sesama, yang menyuarakan toleransi dan perdamaian dan semangat Indonesia yang kuat berdasarkan nilai-nilai Pancasila. 

"Kualitas SDM itu sangat penting untuk meraih Indonesia maju, namun harus berdasarkan nilai-nilai Pancasila," ujarnya. 

Menurut Presiden, SDM yang dihasilkan oleh pendidikan tinggi, harus menjadi bagian mencari solusi kesulitan bangsa bahkan kesulitan dunia. Harus bisa memecahkan masalah, kemudian harus memberikan kontribusi signifikan bagi kemajuan bangsa dan negara. 

"SDM perguruan tinggi harus berkontribusi dan memecahkan masalah yang dihadapi baik bangsa bahkan dunia," tuturnya. 

Ia mengatakan, permasalahan bangsa saat ini seperti munculnya bibit-bibit intoleransi, narasi hujatan, tidak bisa dibiarkan berkembang. Ia pun mengajak untuk menanamkan bibit-bibit toleransi, harus menebarkan kesejukan, persaudaraan dan perdamaian, harus menumpuk terus rasa kebangsaan.

"Kita harus tanamkan bibit-bibit toleransi, kita juga harus menyebarkan kesejukan dan kedamaian dan memupuk rasa kebangsaan," ujarnya.