11 Sep
1194

UIN Banten Lakukan Verifikasi Data PCMB

HumasUIN - Akademik UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten melakukan verifikasi data Penerimaan Calon Mahasiswa Baru (PCMB) tahun 2020 yang dilaksanakan di laboratorium komputer Fakultas Syariah UIN Banten. Pengawasan yang dilaksakan dengan memverifikasi 1880 data peserta ini dibagi menjadi tiga sesi, dengan setiap sesi 33 verifikator dan satu verivikator meverifikasi data 20 peserta, Jumat (11/10).

Kepala Bagian Akademik dan Kemahasiswaan, Ade Eman mengatakan verifikasi ini merupakan bentuk upaya akademik UIN Banten dalam menyaring data calon mahasiswa yang telah mendaftar pada jalur PCMB. Sebelumnya seleksi dilakukan secara langsung dan peserta datang ke lokasi test dengan hasil seleksi dinilai dari hasil test.

"Verifikasi ini merupakan pengganti ujian luring atau daring yang biasa kita sebut ujian Computer Best Test atau CBT. Dengan segala keterbatasan ini, verifikasi kita laksanakan selama satu hari dengan melibatkan jajaran staf, kasubag hingga kepala jurusan," ungkapnya.

Dia mengatakan verifikasi ini merupakan proses awal dalam jalur PCMB, dimana setelah proses ini akan dilakukan perenkingan untuk menentukan peserta yang akan lolos ke tahap terkahir. Selanjutnya, tahap akhir adalah penentuan kelulusan yang nanti akan ditentukan pada rapat oleh stakeholder diantaranya wakil rektor satu, akademik dan kemahasiswaan hingga pihak fakultas.

Wakil Rektor 1 bidang akademik dan kelembagaan, Ilzamudin Mamur mengatakan dalam kondisi pandemic seperti ini, perguruan tinggi dituntut untuk berkembang dalam segala hal, salah satunya dalam system penerimaan mahasiswa. Saat ini kampus UIN Banten menggunakan system verifikasi nilai untuk menyeleksi calon mahasiswa.

“Dengan system yang baru ini, kita berharap mampu menghasilkan mahasiswa-mahasiswa terbaik yang nantinya akan bisa berprestasi disegala bidang,” ungkapnya.

Dia menambahkan, kedepan akan ada upaya untuk mengembangkan teknis penerimaan mahasiswa baru yang lebih maju lagi dengan menyesuaikan kenormalan baru.