10 Mar
133

Gubernur Banten Bicara Pendidikan di Pascasarjana UIN Banten

HumasUIN - Gubernur Banten Wahidin Halim menjadi narasumber studium general Program Pascasarjana UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, Sabtu (15/2).

Studim general bertema Sinergi Pemerintah Daerah dan Perguruan Tinggi Dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan Islam dan SDM Banten ini dihadiri 73 mahasiswa baru program magister dan 24 mahasiswa baru program doktor.

“Saya sepakat bahwa pendidikan harus dimajukan, perpustakaan harus dibangun,” ungkap Gubernur Banten Wahidin Halim (WH) dikutip dari akun Facebook Pemprov Banten.

Gubernur yang mengaku rutin melakukan diskusi secara berkala dengan akademisi dan ulama Banten mengungkapkan masa kejayaan Kesultanan Banten di era Sultan Maulana Hasanuddin ditempuh dengan membangun pendidikan dengan mendirikan madrasah-madrasah atau sekolah.

“Saat menjabat Walikota Tangerang, saya alokasikan 42 persen APBD Kota Tangerang untuk pendidikan,” kata Gubernur.

Dikatakan, saat ini untuk sekolah-sekolah yang menjadi kewenangan Provinsi Banten sudah gratis. Pemprov Banten juga meningkatkan honor tenaga kependidikan, guru honorer, serta tunjangan kinerja guru SMAN, SMKN, dan SKhN serta membangun kelas baru dan unit sekolah baru.

Pada kesempatan itu dia menepis anggapan bahwa Pemprov Banten kurang memperhatikan pendidikan agama atau madrasah di Banten. Menurutnya hal ini tidak terlepas dari posisi madrasah ibtidaiyah, madrasah tsanawiyah, dan madrasah aliyah yang menjadi kewenangan Kementerian Agama.

“Kalau saya membantu bisa terjadi tumpang tindih kewenangan dan administrasi. Bisa diperiksa oleh BPK (Badan Pemeriksa Keuangan, red). Kalau sifatnya sangat mendesak dan penting, baru bisa dibantu. Itu pun tidak banyak,” jelas Gubernur.

Rektor UIN SMH Prof Fauzul Iman yakin para peserta pascasarjana mempunya niat belajar untuk membangun Banten. Semoga menghasilkam teori yang bermanfaat bagi masyarakat.

“Beliau (Gubernur WH, red) sangat agresif membangun infrastruktur Banten. Sering mengundang akademisi dan ulama untuk berdiskusi,” ungkapnya.

Gubernur Banten, lanjutnya, memiliki kepekaan untuk membangun perguruan tinggi di Banten. Sudah memulai sinergi dengan perguruan tinggi untuk membangun Banten.

“Insya Allah PaK Gubernur mampu membangun Banten yang lebih baik,” pungkasnya.