29 Jan
149

UIN Banten Hadirkan Tokoh Palestina Dalam Kuliah Umum

HumasUIN - Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Maulana Hasanudin (SMH) Banten dan Palestine Academy for Global Development and Sustainabillty menjalin kerja sama di bidang pendidikan, dengan mengirimkan mahasiswa Palestine untuk belajar di UIN SMH Banten.

Hal tersebut diungkapkan Founding Chalman Palastine Academy for Global Development and Sustainabillty Wesam Al Madhoun saat mengunjungi UIN SMH Banten, di Ruang Rektor UIN SMH Banten, Selasa (28/1/2020).

“Kami akan mencoba menghubungkan beberapa perguruan tinggi di Palestine dan juga akan membantu mendatangkan pelajar di Palestine untuk belajar di UIN SMH Banten. Itu dilakukan agar terjalin hubungan yang erat antara perguruan tinggi di Banten dengan yang ada di Palestine,” kata Wesam kepada Kabar Banten.

Semenetara itu, Rektor UIN SMH Banten Fauzul Iman mengatakan, pihaknya akan mengondisikan pelajar Palestine yang akan belajar di UIN SMH Banten. Kedatangan Palestine ke UIN SMH Banten untuk memberikan informasi tentang hubungan Indonesia dengan Palestine yang semakin baik, serta memberitahukan tentang kondisi di Palestine.

“Insya Allah nanti kami akan kondisikan untuk membantu mahasiswa Palestine belajar di UIN SMH Banten. Dahulu kami juga melakukan pertukaran mahasiswa ke Negara Yordania, karena kami juga bekerja sama dengan negara tersebut. Sehingga untuk ke Palestine dari Yordania itu dekat,” ujarnya.

Penggalangan dana

Ia mengatakan, banyak bantuan-bantuan yang diberikan dari Indonesia untuk Palestine, baik dalam kapasitas building ataupun bantuan-bantuan zakat yang diberikan. Selain itu, pihaknya juga mengadakan penggalangan dana sebagai bentuk kepedulian mahasiswa UIN SMH Banten untuk membantu masyarakat di sana.

“Kalau untuk pertukaran dosen kami masih pikirkan, karena negara mereka belum aman. Pemerintah Indonesia dengan Palestine hubungannya masih bagus, dan mendukung perjuangan Palestine,” ucapnya.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Wawan Wahyuddin mengatakan, di era globalisasi harus menjalin kerja sama dengan siapapun. Tujuannya untuk bersilaturahmi menjalin kerja sama dengan Palestine, kerja sama secara politik dan keagamaan berjalan sudah cukup lama sejak Presiden Soekarno hingga saat ini.

“Insya Allah setelah adanya Nota Kesepahaman dan ditandatangani akan ditindaklanjuti dengan mengirimkan mahasiswa Palestine ke UIN SMH Banten. Mahasiswa awal 5 orang kita siapkan untuk mereka bisa belajar,” katanya.