13 Agu
67

Ungkapkan Rasa Syukur, UIN Banten Potong Hewan Kurban

HumasUIN - Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Maulana Hasanuddin Banten (SMHB) menggelar penyembelihan hewan kurban yang dilaksanakan di dua tempat yaitu di Fakultas Ekonomi dan Ma'had Al-Jamiah UIN Banten, Senin, (12/8).

Rektor UIN Banten, Fauzul Iman mengatakan kegiatan pemotongan kurban ini merupakan salah satu bentuk sukur kita dengan segala macam nikmat yang sudah diberikan, salah satunya adalah meningkatnya santri mahad dalam perekrutannya walaupun baru masuk tahun ketiga yang ketiga.

"Santri mahad harus bisa menjadi manusia-manusia yang cerdas dan bermanfaat bagi masyarakat, santri yang bisa menyampaikan ilmunya kepada orang lain sehingga ilmuanya menjadi amal jariyah," ucapnya.

Kepala Ma'had Al-Jamiah UIN Banten, Aang Saeful Millah mengucapkan rasa terima kasih kepada rektor dan jajarannya.

"Kami sampaikan bahwa Ma'had al-Jamiah, jadinya mendapatkan 1 Ekor Sapi dan 2 Ekor Domba. Itu amanah hewan korban dari Bapak Rektor atau Umi, Bapak Warek 3 dan Bank Syariah Mandiri. Semoga ibadah beliau diterima Allah subhanahu wa ta'ala," katanya.

Aang berharap, sapi yang dipotong oleh Wakil rekror III tadi pada pukul 07.30 di Ma'had al-Jamiah. Sedangkan dua ekor kambing dipotong oleh mahasantri mahad al-jamiah, yaitu oleh Ananda Muta'allim.

"Daging korban akan dibagikan ke Office Boy (OB) satpam dan sebagian warga di sekitar Ma'had, jumlah paket yang dibagikan sejumlah 170 bungkus," ujarnya.

Kegiatan di Hari raya ini, Aang mengaku ini sebagai hadiah bagi mahasantri Ma'had, selebihnya daging kurban akan disate dan disop oleh alumni mahasantri mahad al-jamiah, Musyrif ma'had dan mahasantri baru gelombang pertama.

"Kami beri nama kegiatan potong hewan kurban ini dengan nama Idkholu Surur (Memberikan kebahagiaan) untuk mahasantri ma'had al-jamiah," tuturnya.

Acara ini didukung oleh santri dan juga musrif Ma'had Al-Jamiah ini dilanjutkan dengan makan bersama yang dihadiri rektor dan wakil rektor dan pengurus mahad.