17 Jun
108

271 Peserta Ikut Seleksi Kuliah ke Timur Tengah

Sebanyak 271 peserta mengikuti seleksi beasiswa dan non beasiswa Strata Satu (S1) Perguruan Tinggi Luar Negeri Timur Tengah, yakni Mesir, Sudan, dan Maroko. Seleksi tersebut dilaksanakan di ruang laboratorium Pusat Bahasa UIN SMH Banten, kota Serang, Ahad (16/2/2019)

Diketahui, pada tahap pertama seleksi tersebut berupa tes kemampuan Bahasa Arab yang dilakukan secara online.

Kepala Pusat Pengembangan Bahasa UIN Banten, M. Nur Arifin mengatakan, seleksi ini sebagai ujian tahap awal. Peserta mengikuti ujian kompentensi Bahasa Arab model Lepzig Jerman (e-test). Jika peserta memperoleh minimal skor A2, secara otomatis mereka akan lolos untuk mengikuti tes tahap ke dua berupa tahap wawancara di Kementerian Agama Republik Indonesia di Jakarta.

“Jalur beasiswa itu berarti nanti yang lulus seleksi, mereka mendapatkan full scholarship dari Universitas yang dipilih (Mesir, Maroko, dan Sudan).” Ucapnya kepada Kabar banten.

Arifin menegaskan, jalur beasiswa itu berarti nanti yang lulus seleksi akan mendapat beasiswa penuh atau full scholarship dari universitas yang dipilih (Mesir, Maroko, dan Sudan). Akan tetapi, yang jalur non beasiswa mereka lulus dengan biaya sendiri.

“Harapan kami, peserta dari warga Banten (khususnya) dapat mengikuti program ini. Sehingga alumni Madrasah Aliyah/Madrasah Aliyah Negeri (MA/MAN) dan pesantren yang ada di Banten dapat mengambil kesempatan yang baik ini,” tuturnya.

Arifin mengatakan, model tes bahasa Arab yang digunakan adalah e-test bahasa Arab model Leipzig Jerman (online test), yang sejak tahun 2018 UIN Banten sudah bias melaksanakan sendiri. Hal tersebut berkat kerjasama Universitas Leipzig Jerman dan UIN Banten.

“Jumlah pendaftar online nasional adalah 5.613, nama perguruan tinggi tempat tes bias dilihat di pengumuman website Kementerian Agama Republik Indonesia,” katanya. (Azzam/Yandri/KB)***