23 Mei
137

Pascasarjana UIN SMH Banten Gelar Workshop Revisi Pedoman Tesis

HumasUIN - Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Maulana Hasanudin (SMH) Banten mengelar acara workshop ‘Revisi Pedoman Tesis’ di Hotel Ledian, Kota Serang, Senin (13/5/2019). Hadir dalam kegiatan tersebut civitas akademika pascasarjana UIN SMH Banten dan sejumlah guru besar UIN SMH Banten ikut memberikan referensi dalam menyusun pedoman tesis.

Direktur Pascasarjana UIN SMH Banten, Syafuri mengatakan, acara ini sudah digagas dari awal tahun dan baru di bulan ini bisa terealisasi dengan beberapa pertimbangan. Tahun ini, dari lima Prodi Pascasarjana ada 85 mahasiswa yang ikut pada wisuda. Selain itu, tahun ini juga sedang digagas penyusunan proposal untuk mengembangkan tiga prodi yang diajukan untuk dibangun program strata tiga, yaitu prodi PAI, MPI dan HKI.

“Secara sejarah, harusnya sudah ada program Strata satu (S3) untuk kampus kita walaupun ada beberapa hal yang kurang memadai seperti guru besar dan sumber daya manusia yang mengelola program S3,” ujarnya.

Ia mengatakan, ini menjadi awal revisi positif untuk kita menghadirkan pedoman tesis di pascasarjana. “Tentu ini bukan akhir karena setelah ini akan langsung diusulkan di Lembaga Penjamin Mutu (LPM) dan baru menjadi pedoman yang sesuai harapan,” ujarnya.

Sementara itu, Rektor UIN SMH Banten, Fauzul Iman mengatakan, dalam rangka menyesuaikan program yang selalu berbeda tiap tahunnya pada program pascasarjana, perlu diadakan bimbingan tesis.

“Terlebih dalam dunia pendidikan dan penyusunan tesis, perlu diadakannya revisi dalam segala hal yang ditujukan untuk menyegarkan pedoman dan menyesuaikan dengan kondisi mahasiswa saat ini,” ucapnya.

UIN SMH Banten ini sejak awal berdiri sudah ada lebih dari 70 doktor. “Di pascasarjana sudah lama belum ada revisi pada pedoman penulisan tesis. Kami berharap ini bisa menjadi ukuran barometer, dan menjadi mazhab UIN Banten kedepannya,” ujar Fauzul.