30 Apr
123

Kebudayaan dan Islam Transnasional

Berbagai macam persoalan yang terjadi di berbagai negara sekarang ini ialah isu Agama. Islam adalah Agama yang dari dulu hingga sekarang selalu di serang oleh kelompok-kelompok yang tidak menyukai Islam.

Sebelum Rasulullah diutus, kebudayaan bangsa arab dikenal dengan masa Jahiliyah dimana kehidupan masyarakat pada saat itu dikatakan sebagai zaman kebodohan. Ketika itu wanita tidak boleh melahirkan anak perempuan karena dianggap sebagai suatu aib dan bisa menimbulkan kesialan. Bahkan jika tercyduk, bayi itu akan dikubur secara hidup-hidup. nauzubillahi min zalik.

Rasulullah Saw. Di utus di muka bumi ini untuk menyempurnakan Akhlak. Dengan Akhlak beliau menyebarkan Islam kepada Bangsa Arab (pada saat itu) sehingga mampu diterima dan dipahami oleh masyarakat arab dan tidak butuh waktu lama untuk Nabi Muhammad Saw. menyebarkan ajaran Islam sehingga mampu diterima oleh seluruh masyarakat, bahkan di seluruh kalangan. Seluruh Ulama dunia sepakat bahwa yang membuat Rasulullah mampu menarik orang-orang untuk masuk dan memeluk ajaran Islam ialah karena akhlaknya, kekharismatikannya, dan kedekatannya dengan masyarakat. Dengan akhlakhul karimah beliau mampu menarik orang-orang arab khusus untuk masuk ke dalam ajaran islam, bukan dengan cara perperangan ataupun semacamnya.

Islam adalah Agama yang mampu menjawab segala macam persoalan yang terjadi di kehidupan manusia baik dahulu hingga sekarang. Sama seperti negara Indonesia menghormati antar umat beragama, Iran-pun sangat menghormati perbedaan agama.

Sejak pertama kali Islam muncul, banyak kelompok-kelompok yang ingin menghancurkan Islam. Sekarang ini kelompok yang terkenal ialah kelompok ISIS. Kelompok ISIS ialah suatu kelompok yang dibuat oleh Israel dengan mengatasnamakan Agama Islam. Banyak orang-orang non muslim yang mempelajari agama Islam, dan juga sejarah-sejarah Islam namun mereka membuat ketakutan-ketakutan kepada orang-orang Islam.
Hal ini mampu menghancurkan Islam dari dalam. Kita sebagai orang yang mengaku beragama Islam haruslah memiliki pemahaman yang luas tentang Islam khususnya tentang sejarah kebudayaan Islam dan juga perkembangan ajaran-ajaran Islam dari masa ke masa.
Semakin banyak kita mempelajari tentang islam maka semakin kuat Aqidah kita sehingga tidak mudah untuk digoyahkan oleh pengaruh-pengaruh buruk yang datang baik internal ataupun eksternal.

Saat ini masih banyak kelompok-kelompok yang mengatasnamakan Islam tetapi tidak menerapkan syariat-syariat islam.
Oleh karena itu, meski Islam tersebar di berbagai negara, islam tetaplah satu. Umatan wahidan. Agama Islam harus bersatu apabila terjadi suatu tindakan-tindakan yang dapat memecah-belah agama Islam.

Banyak negara-negara seperti Palestin, Libiya, ataupun Suria yang meminta bantuan kepada Republik Rakyat Iran atas dampak yang ditimbulkan oleh ISIS. Kamipun tidak bisa diam saja. Dalam hal ini para tokoh ulama pun masih terus memantau berbagai macam kelompok-kelompok yang muncul untuk menghancurkan Islam.


Pada saat ini banyak kelompok-kelompok yang menyebarkan pemahaman bahwa Syiah di Iran-lah yang menyebarkan agama yang keras (Radikal). Pada nyatanya masyarakat Syiah di Iran hidup rukun dan damai meski Syiah di Iran itu adalah minoritas.
Pentingnya pemahaman tentang sejarah kebudayaan Islam ialah agar kita tidak mudah percaya akan berita-berita yang seperti itu.

Pertikaian yang terjadi di Negeri ini antara Islam transnasional dengan HTI atau semacamnya karena mereka tidak sesuai dengan visi misi penyebaran Islam yang diajarkan oleh Nabi Muhammad Saw. Oleh karena itu, kelompok-kelompok seperti ini harus kita lawan dan umat islam harus bersatu. 

Mehrdad Rakhshandeh
Konselor Kebudayaan Republik Islam Iran
peresume : Akhmad Fajron