14 Mar
51

UKM Prima UIN SMH Banten Lakukan Orientasi

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pusat Riset Mahasiswa (Prima) menggelar orientasi dasar, organisasi, kaderisasi, dan penelitian, dengan tema Membangun Insan yang Berwawasan di Bidang Penelitian dengan Landasan Solidaritas dan Profesionalitas Demi Terciptanya Kader yang Intelektual. Kegiatan tersebut diselenggarakan di Aula Sjadeli Hasan dan Yayasan Morogen Ciracas, Selasa-Ahad (12-17/3/2019).

Ketua Pelaksana Orientasi Sofi mengatakan, peserta yang mengikuti kegiatan tersebut merupakan peserta terpilih yang telah melalui berbagai seleksi. “Saya berharap bisa berjalan sukses dan lancar sampai selesai acara,” ucapnya, Selasa (12/3/2019).

Ketua Umum Prima Iman Firdaus menuturkan, dengan mengikuti kaderisasi ini akan banyak belajar berbagai hal, dari pemateri yang luar biasa. “Tolong disimak, dan saya harap jangan ada beban, nikmati saja. Semoga apa yang dicita-citakan teman-teman tercapai di UKM Prima ini,” ucapnya.

Pembimbing UKM Prima Dede Rahmat Hidayat mengatakan, acara ini merupakan gerbang awal menjadi anggota. Kalau mungkin ada penyeleksian ketika mendaftar, ini bukan kebetulan, tapi sudah jalannya, ini yang terbaik. Ketika teman-teman memiliki tujuan, maka harus konsisten, teguh pada pendirian.

“Kita juga mencoba membangun relasi, dengan nasional, nanti ke depan juga berkala internasional. Mungkin teman-teman memiliki pengalaman penelitian, kita kembangkan di sini. Di biro kajian, ada riset juga, maka kembangkan. Ikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya. Karena teman-teman panitia sudah menyiapkan berbagai konsep, memiliki tujuan untuk dicapai bersama,” tuturnya.

Warek III Bidang Kemahasiswaan dan Kerja sama UIN SMH Banten Wawan Wahyuddin menjelaskan, ada 4 masalah yang perlu diatasi oleh mahasiswa, yaitu dalam hal riset, bahasa, literasi, dan manajemen.

“Saya bangga dengan acara ini, karena telah memberikan solusi untuk jalan keluar, bukan keluar jalan. Bagi akademisi, menulis adalah senjata. Tolong bantu kami untuk mengatasi mahasiswa dalam literaturnya, kalau mau coret-coret ya ilmiah, jangan di tembok,” ucapnya.

Dia juga menantang mahasiswa untuk mencoba meneliti mahasiswa UIN dari aspek salatnya. Ini akan jadi pintu masuk pola pembinaan. “Saya berharap fisik, otak, jiwa dan raganya anggota Prima, harus selalu prima, sebagaimana dengan amanat lagu kebangsaan. Karena Prima akan terus mengintrospeksi diri,” tuturnya.